Skip to main content
robot

ChainFORM, Robot Modular Berukuran Kecil Milik MIT

Satu robot yang di buat oleh MIT Media LAbs bernama ChainFORM mempunyai design yang menarik. Robot ini memanglah mempunyai ukuran yang kecil. Tetapi, kekhasan dari robot ini terdapat pada design bongkar-pasang dengan kata lain modular serta memakai modul-modul robot memiliki ukuran kecil yang dapat tersambung keduanya untuk setelah itu membuat robot dengan manfaat spesifik.

robot

Semasing modul itu diperlengkapi dengan kekuatan untuk mendeteksi sentuhan pada beragam sisi badannya. Diluar itu, modul ini dapat diperlengkapi dengan deteksi angular, sinar, dan motor aktuator berbentuk satu motor servo. Kehadiran modul-modul robot yang memiliki ukuran kecil ini, jadi MIT juga dapat membuat robot dengan dalam bermacam macam dan manfaat yang tidak sama.

Tiap-tiap modul robot, seperti diambil dari Slashgear, mempunyai kekuatan untuk berkomunikasi keduanya. Termasuk juga salah satunya yaitu berkomunikasi tentang bagaimana design robot yang bakal dibuat dan jumlah modul yang dipakai. Komunikasi ini dikerjakan dengan memakai input maupun output dengan cara real time. Begitu, modul ini bakal dapat menyesuaikan dengan keadaan yang tengah dihadapinya.

Tetapi, tiap-tiap modul robot itu sayangnya masihlah belum dapat bekerja dengan cara mandiri. Terlebih lantaran perlu konsumsi power serta kontrol lewat master board yang berperan sebagai antarmuka robot dengan computer lewat USB. Diluar itu, tiap-tiap modul robot juga mempunyai kemampuan yang tidaklah terlalu besar, dengan torsi sebesar 0, 8 kg/cm. Jadi, cuma objek kecil yang dapat diakukannya.

Walau demikian, kehadiran robot modular ini cukup menarik. Terlebih bila dalam hari esok dapat dibuat versus yang semakin besar. Akan serupa seperti robot paduan pada film Transformer atau robot yang sering nampak dalam film superhero ala tokusatsu Jepang. Keren, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *