Skip to main content
Screenshot_2

Jalan Berpori Bisa Atasi Banjir ?

Dosen Institut Tehnologi Bandung atau ITB, Bambang Sunendar Purwasasmita, bikin jalan berpori yang bermanfaat untuk menyerap genangan air dengan cara cepat. Inovasi yang dinamakan GeoPore itu begitu berguna untuk menanggulangi banjir atau genangan air di berjalan-jalan waktu musim hujan.

Prasyarat jalan berpori, kata Bambang, menihilkan pemakaian semen. Hingga siraman air ke jalan biopori itu bakal segera meresap ke tanah tanpa ada tersisa genangan. Jenis jalan berpori itu didemonstrasikan di acara pameran karya serta product inovasi di Aula Barat ITB, Ahad, 5 Maret 2017.

Menurut Bambang, jalan biopori itu telah digunakan di tempat tinggalnya serta tengah diuji cobalah di ruang PT Krakatau Steel di Cilegon, Banten, mulai sejak September 2016. Jalan GeoPore yang di buat selama 25 mtr. serta selebar 4 mtr., bersanding dengan jalan beton di sampingnya sebagai pembanding. “Untuk jalan besar menggunakan rangka besi di bawahnya agar kuat menahan beban kendaraan, ” kata dosen Tehnik Fisika ITB itu.

Mengenai untuk di sekitaran pekarangan tempat tinggal, tempat parkir, atau jalan komplek, menurut Bambang, dapat di buat tanpa ada konstruksi besi, selama beban kendaraan yang melintas kurang dari 5 ton. “Tahun ini mulai cobalah gunakan di ITB serta tempat tinggal dinas Gubernur Jawa Barat, ” tutur dia.

Latar belakang pembuatan GeoPore, kata Bambang, didorong oleh pengembangan bahan alami geopolimer seperti keramik yang dapat dibuktikan kuat serta tahan lama dan tak beracun. “Kekuatannya dapat berpuluh kali lipat dari pada semen serta bertahan sampai 40 th. menurut hasil studi yang ada, ” kata Bambang. Penelitian geopolimer dikerjakannya mulai sejak 7 th. lantas. Di segi lain, ia lihat ada gerakan biopori serta banjir yang selalu berlangsung.

GeoPore, kata Bambang, adalah susunan setebal 40 sentimeter yang terdiri jadi lima lapis. Susunan paling atas yaitu jalan atau blok berpori yang menggunakan geopolimer untuk mengikat material pengganti semen. Di bawahnya terlapis pasir serta kerikil, lalu batuan, serta geotekstil sebagai alasnya.

Terkecuali untuk jalan, GeoPore dapat diaplikasikan untuk drainase. Dari hasil perhitungan Bambang, daya serap airnya dapat meraih 1. 000 liter per mtr. persegi tiap-tiap menit.

Baca Juga Harga Tentang : Fashion Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *