Skip to main content
Screenshot_2

Kedigdayaan Samsung di China Runtuh, Apa Sebabnya ?

Samsung berjuang mati-matian melawan beberapa merk hp pandai lokal di Cina. Kebangkitan ‘jagoan-jagoan lokal’ sudah bikin market share serta posisi Samsung melorot cukup jauh di Cina dalam satu tahun lebih paling akhir.

Pada 2014, Samsung masihlah merajai pasar hp di ‘Negeri Gorden Bambu’. Pada 2016, posisi Samsung, menurut Nikkei Asian Review, Jumat (24/2/2017), anjlok ke posisi enam.

Analis menyampaikan, melorotnya ‘kue penjualan’ Samsung di Cina diantaranya dikarenakan oleh makin perkasanya beberapa merk lokal. Hal semacam ini ditambah lagi dengan kegagalan keseluruhan Galaxy Note 7 yang bikin customer makin beralih ke product dalam negeri.

Selain itu, kurang sebaiknya jalinan Cina-Korea Selatan ikut punya pengaruh pada usaha Samsung disana.

Berdasar pada data yang launching Sigmaintell Consulting, pada 2014, Samsung menempati takhta pasar Cina dengan market share 16, 6 % berdasar pada shipment volume. Pada 2015, Huawei merebut takhta Samsung serta market share Samsung tereduksi jadi 6, 7 % berdasar pada shipment volume.

Di 2016, Huawei menjaga mahkota mereka, sedang market share Samsung turun lagi jadi 4, 4 % berdasar pada shipment volume. Samsung harus juga turun ke peringkat enam.

Pabrikan lokal lain, Oppo, pada th. lantas juga menyalip Samsung untuk ada di ranking lima besar pasar hp pandai Cina. Oppo memperoleh ‘durian roboh’ dari kegagalan Galaxy Note 7 yang mudah terbakar sampai mesti ditarik dari semua dunia serta dihentikan penjualannya.

Di pasar tv juga, Samsung harus terjerembab dari posisi lima di 2014 jadi peringkat delapan di 2016.

Isu gagasan pemutusan jalinan kerja juga menyeruak, walau belum ada konfirmasi apapun dari Samsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *