Skip to main content
Screenshot_2

Processor Mediatek Kini Semakin Kurang Diminati

MediaTek melaporkan alami penurunan pendistribusian chipset pada kuartal awal 2017, dengan jumlah unit distribusi sejumlah 100 juta. Angka ini bertambah dalam jumlah tak penting pada kuartal ke-2, sejumlah 110-10 juta unit.

Bernilai yang besar, 100 juta unit adalah angka yang termasuk sedikit bila dibanding dengan keseluruhan pendistribusian MediaTek sepanjang 2016, sebesar 480 juta unit. Jumlah itu dinilai GizmoChina bakal susah untuk kembali diraih serta ditaklukkan MediaTek pada th. ini.

Argumen paling utama penyebabnya penurunan penjualan itu yaitu peralihan dari beberapa pelanggan berbasiskan Tiongkok ke product karya kompetitornya, Qualcomm. Perusahaan itu termasuk juga Meizu, Xiaomi, Oppo serta Vivo, yang mengalihkan beberapa pesanan mereka dari MediaTek ke Qualcomm.

Tiongkok jadi satu diantara sumber pesanan untu MediaTek, serta penurunan pesanan itu sudah punya pengaruh dengan cara penting pada pendistribusian mereka. Sebagai contoh, chipset unggulan paling baru MediaTek, yakni Helio X30 yang dikenalkan pada Oktober 2016 lantas belum diadopsi oleh produsen piranti besar.

Biasanya, pesanan chipset dalam jumlah besar dikerjakan produsen piranti pada pertengahan th. awal tiap-tiap tahunnya, tetapi hal itu belum diperoleh oleh MediaTek hingga pertengahan th. ke-2 th. 2017 ini bakal jadi saat susah untuk produsen chipset itu.

Hal itu bakal mengakibatkan MediaTek kehilangan jumlah besar berkaitan pangsa pasarnya di Tiongkok, diprediksikan meraih kurang dari 40 % pada kuartal awal ini. Terkecuali Helio X30, MediaTek juga mengenalkan chipset versus overclock dari Helio P10, yakni Helio P15.

Walau sekian, giatnya MediaTek dalam mendatangkan product alternatif dari chipset yang dibuat Qualcomm dinilai belum dapat membuatnya sebagai ancaman untuk raksasa chipset itu. Sebab, Qualcomm sudah lebih dulu berhasil di segmen processor kelas menengah atas, sesaat MediaTek meliputi kelas pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *