Skip to main content
screenshot_2

Siap-siap Jaringan 2G Tidak Akan Dipakai Lagi Pada Tahun 2021

Jakarta – Operator seluler Telkomsel belum siap dengan ajakan Menteri Komunikasi serta Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk mematikan jaringan 2G. Telkomsel memprediksi baru dapat mematikan jaringan 2G mereka pada th. 2021.

screenshot_2

Hal semacam ini berikan oleh Vice President Technology and Sistem Telkomsel Ivan C Permana waktu didapati di sela acara Energizing Digital Economy yang di gelar IndoTelko di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (15/12/2016).

” Perkiraan kami (bakal siap mematikan jaringan 2G) pada 2021, namun mesti ada plan-nya. Dari mulai saat ini apa yang perlu dikerjakan, baik dari segi pemerintah mengedukasi orang-orang untuk memakai internet. Lalu mesti menyetop hp 2G serta melarang impornya, ” kata Ivan.

Ia menyampaikan, hal semacam ini butuh dikerjakan mengingat satu hp miliki saat gunakan sampai lima th.. Ivan mencontohkan dianya mempunyai satu hp 2G serta memakai sepanjang dua th.. Hp itu lantas di jualnya pada orang lain serta digunakan dua th..

” Artinya bila ingin jaringan 2G mati, pemerintah dari th. ini telah mengambil keputusan untuk hentikan impor hp 2G agar orang-orang tak dapat beli lagi. Jadi, hp 2G yang di market pada 2021 kelak, tentu usianya telah lima th. ke atas. Saat iya orang-orang tak ubah hp, ” jelasnya

Ivan menyampaikan, penghentian penggunaan hp 2G mesti dikerjakan dari segi orang-orang. ” Sebab kami tak dapat membujuk mereka yang mempunyai hp 2G untuk beralih ke 4G. Itukan terserah pada Kamu (customer), ” tutur Ivan.

Sistem penghentian jaringan 2G tak dapat dipaksakan serta memerlukan saat yang panjang. Sebab, jumlah pemakai jaringan 2G masihlah semakin banyak di banding pemakai 3G serta 4G. Di Telkomsel sendiri, pelanggan 2G jumlahnya 65 % dari keseluruhan pelanggan. Bahkan juga, di Jakarta juga, kata Ivan, ada banyak yang memakai jaringan 2G.

Menurut dia, ada banyak hal yang mengakibatkan orang-orang masihlah menguasai menggunakan jaringan 2G. Awal yaitu daya beli, seperti di ketahui hp 4G dinilai lebih mahal di banding hp 2G.

Ke-2 yaitu keperluan. Menurut dia untuk orang-orang yang tinggal diluar kota besar, keperluan intinya yaitu panggilan nada serta pesan singkat, sesaat internet dikira tidaklah hal yang utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *