Skip to main content
Screenshot_6

Smartphone Penuh Malware ? Singkirkan Dengan Cara Berikut

Android tidaklah piranti yang betul-betul aman dari malware. Walau sudah bertindak mencegah, rupanya masihlah ada peluang Android anda terinfeksi malware yang ada di software.

Bila anda mulai cemas dengan keamanan hpmu, mungkin saja anda butuh membaca serta menjalan sebagian panduan untuk menghindar, mendeteksi, serta menghapus malware di Android anda.

Tersebut beberapa tips-nya seperti dislansir dari laman Tekno Liputan6. com kutip dari Android Pit, Kamis (13/4/2017).

1. Langkah Membuat perlindungan Android dari Malware

Memanglah susah untuk tahu apakah dalam satu file yang kita unduh atau taruh di hp tidak memiliki kandungan malware. Tetapi, sebagian malware mengganggu pemakai smartphone dengan bikin baterai hp jadi cepat habis atau kerap menghadirkan iklan. Sesaat, malware yang lain diam-diam mengambil data pemakai.

Ada cara-cara membuat perlindungan smartphone dari malware. Awal dengan menempatkan aplikasi anti-malware. Walau ada perbincangan keefektifan pemakaian aplikasi anti-virus, tetapi tambah baik anda coba hindari malware dengan menempatkan anti-virus atau anti-malware.

Cek Juga : Harga Daging Sapi

Ke-2, mulai menggerakkan panduan berikut ini :

Panduan menangani malware, virus, serta adware di Android (Sumber : Android Pit)
– Matikan penyusunan yang sangat mungkin smartphone anda menempatkan aplikasi dari luar Play Store. Langkahnya dengan masuk ke Security Setting, lalu janganlah ijinkan peng-install-an aplikasi dari sumber yang tidak terang.

– Perbarui aplikasi sesudah update-nya ada di Google Play. Umumnya, tiap-tiap aplikasi sediakan up-date, mereka dibarengi dengan penambahan keamanan serta perlindungan pada data pemakainya.

– Check semua izin aplikasi sebelumnya anda mengunduhnya. Bila izin tidak terkait dengan aplikasi itu, cari aplikasi lain untuk didownload.

– Waktu menggunakan Wi-Fi umum, pakai VPN membuat perlindungan data anda.

Deteksi Malware di Android

2. Langkah Mendeteksi Malware, Adware, serta Virus di Android

Bila smartphone anda kemampuannya mendadak jadi lemot atau baterainya cepat terkuras, mungkin saja Android anda terserang malware atau virus. Nah, bila hp selalu menimbulkan iklan pop-up, mungkin saja itu yaitu bentuk serangan adware.

Anda dapat menempatkan anti-virus untuk mendeteksi serta mengidentifikasi malware ataupun virus. Nah, bila banner iklan bermunculan diatas aplikasi anda, cukup gampang untuk tahu type adware yang menyerang, terlebih bila hp anda menggerakkan Android 7. 0 Marshmallow, langkahnya :

– Pada Setting, cari Apps for Draw, kamudian anda bakal temukan daftar aplikasi yang mempunyai izin untuk jalan diatas aplikasi lain.

– Lalu, janganlah ijinkan aplikasi mencurigakan itu jalan di aplikasi yang lain. Anda juga dapat menghapus aplikasi mencurigakan itu.

Hapus Malware dari Android

3. Langkah Menghapus Malware dari Android

Bila satu aplikasi berbentuk mencurigakan, anda dapat menghapus aplikasi itu. Tetapi, tetaplah pakai anti-virus untuk menghindar, mendeteksi, serta menghapuskan ancaman.

Awal anda dapat meng-uninstall aplikasi yang dikira mencurigakan, bila tidak dapat di-uninstall lantaran aplikasi itu mempunyai administrator rights, anda dapat hapus dahulu administrator rights itu lewat cara :

– Masuk ke Setting, tentukan Security serta saksikan sisi Piranti Administrator. Anda bakal lihat menu Android Piranti Manager di daftar itu.

– Anda dapat mancabut izin administrator rights pada aplikasi yang tidak dapat dihapus. Sesudah izinnya dicabut, aplikasi mencurigakan itu dapat dihapus.

Setelah itu, anda dapat lakukan pengujian apakah langkah yang sudah dikerjakan sukses. Langkahnya dengan restart Android, sesudah smartphone menyala, anda dapat lihat apakah kemampuannya telah normal kembali.

Bila masihlah ada permasalahan cobalah gunakan satu aplikasi anti-virus. Bila memanglah ada virus serta sukses dideteksi serta dihapus oleh anti-virus, artinya smartphone anda dapat baik-baik saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *