Skip to main content
screenshot_3

UGM Juara di ITB Dengan Aplikasi Pemberdayaan Petani

Jakarta – Tim mahasiswa Kampus Gadjah Mada (UGM) berhasil memenangkan pertandingan Tech-Develpoment Challenge U-Nnovation yang di gelar di Institut Tehnologi Bandung (ITB), pada Kamis, 1 Desember 2016 lantas, melalui aplikasi Little Tree.

” Aplikasi Little Tree diperkembang berbasiskan Internet of Thing hingga investor dapat sehari-hari, real time memonitor bisnisnya, ” kata Perwakilan Tim Mahasiswa UGM Muhammad Afrizal, waktu didapati di Universitas UGM, Yogyakarta, Selasa, 6 Desember 2016.

Afrizal menerangkan, aplikasi ini adalah basis yang menghubungkan pada pemodal, petani, dan yang memiliki tempat untuk berbarengan meningkatkan rimba rakyat Indonesia. Terkecuali dapat memberdayakan petani, aplikasi ini dapat memberi keringanan untuk investor yang menginginkan menanamkan modalnya.

Melalui aplikasi ini, kata Afrizal, pemodal bukan sekedar dengan gampang bisa pilih petani, tempat, serta type tanaman yang bakal dibudiayakan. ” Tetapi juga dapat tahu perubahan tanaman atau pohon yang dibudidayakan dengan cara real time sehari-harinya, ” ucap dia.

Diluar itu, lanjut Afrizal, lewat aplikasi itu juga investor bisa tahu tingkat kesuburan tanah di perkebunan, serta tingkat serapan gas karbondioksida (CO2) dari perkebunannya.

” Jadi investor bukan sekedar menolong memberdayakan petani serta mencapai keuntungan usaha dari investasi pohon. Tetapi demikian, ikut berperan dalam melindungi lingkungan lewat pohon-pohon dalam menyerap CO2, ” jelas dia lagi.

Afrizal memberikan, budidaya pertanian dalam Little Tree yaitu budidaya pohon buah-buahan, seperti alpukat, durian, serta pisang. Penentuan pohon type ini diperuntukkan untuk tingkatkan luasan rimba rakyat.

” Investasi yang kita menawarkan yaitu penanaman pohon buah-buhan hingga yang di ambil yaitu buahnya, bukanlah pohonnya dengan harapan bisa menolong tingkatkan luas rimba rakyat di Indonesia, ” kata Afrizal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *